Jokowi: RUU Pilkada Potong Kedaulatan Rakyat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden terpilih Joko Widodo menilai Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah sebagai sebuah kemunduran dalam demokrasi. “RUU ini jelas memotong kedaulatan rakyat. Jelas ini sebuah kemunduran,” katanya di Balai Kota, Senin, 8 Oktober 2014. (Baca: RUU Pilkada Kemunduran Demokrasi)

Jokowi menilai yang harus dikoreksi dalam pemilihan kepala daerah secara langsung adalah teknis pelaksanaannya. Jika ada perubahan, ujar Jokowi, hanya soal teknisnya. Misalnya, pemilihan kepala daerah dilangsungkan secara bersamaan, tapi bukan mengubah pemilihan menjadi oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau pemilihan tidak langsung.

Sebagai kepala daerah, Jokowi merupakan produk pemilihan langsung. Ia dua kali terpilih di Solo dan satu kali di Jakarta. Ketika maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, Jokowi diusung oleh partai minoritas di DPRD. Namun, dalam pemilihan langsung, ia menjungkalkan inkumben Fauzi Bowo yang didukung partai mayoritas.

Jokowi mengaku tak memiliki strategi khusus untuk mencegah RUU Pilkada disahkan. Ia menyerahkan seluruh urusan lobi di parlemen pada fraksi-fraksi penyokongnya di parlemen.

Dalam draf Undang-Undang Pilkada, Fraksi Demokrat, Golkar, PAN, Gerindra, dan PPP sepakat pemilihan gubernur dan bupati dilakukan melalui DPRD. Sedangkan fraksi PDIP, PKS, PKB, dan Hanura setuju pemilihan secara langsung. Bila RUU disahkan, di atas kertas, Koalisi Merah Putih atau koalisi penyokong Prabowo bisa merebut 31 kursi gubernur dari 33 provinsi. (Baca: UU Pilkada Sah, Koalisi Prabowo Borong 31 Gubernur)

About Rezki Handoyo

Informasi Berita Hiburan
This entry was posted in Politik and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s