Sepeda Motor Listrik Unik

Austria, KompasOtomotif – Tercatat cukup banyak negara telah menciptakan sepeda motor listrik, tapi yang satu ini sedikit berbeda dengan kebanyakan roda dua berteknologi hijau. Namanya Biiista, hasil ciptaan perusahaan asal Austria Hammerschmid Maschinenbau, yang bikin penasaran karena tak diketahui apa yang tersimpan dalam tubuh one-piece itu.

Biar nggak penasaran, di dalam ada sasis aluminium sederhana menggendong baterai 5 kWh untuk menyuplai sumber ke motor listrik bertenaga 10,5kW dengan torsi 210Nm yang dipusatkan pada roda belakang. Trus, lengan ayun satu sisi.

Setang unik

Masih di bagian dalam, terutama di bawah setang yang desainnya mirip antena belalang. Tersimpan batang terusan dari setang yang terhubung dengan sistem kemudi (atas). Jadi, ketika hendak membelokkan roda (seumpama ke kanan), cukup ditarik setang sebelah kanan saja. Begitu juga bila ingin belok kiri (tarik setang kiri).

Bisa begitu lantaran roda depan dipegang oleh lengan ayun ganda yang menjorok ke dalam (bukan seperti sokbreker). Lengan ayun bawah berfungsi sebagai pemegang roda, sedang yang atas berperan sistem kemudi yang berhubungan dengan atas.

Biiista yang memiliki bobot 140 kg ini mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 100 kpj dengan jarak terjauh juga sekitar 100 km dalam kondisi baterai terisi penuh. Pengisian penuh baterai 80 volt itu butuh dua jam.

Selain bentuk yang unik dengan lampu tersembunyi di bawah ujung tudung depan yang lancip menyerupai paruh burung, pengerjaannya memakan waktu sekitar dua tahun.

About Rezki Handoyo

Informasi Berita Hiburan
This entry was posted in Berita Unik and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s