Mahasiswa IPB Ciptakan Mesin Bantu Tanam

Unang Ridwan, Fadlullah Abdurrohman, Hadi Nuryadi, M. Iman Rochmat Afandi, Ninggar Pramita Sari, mahasiswa IPB dari Departemen Teknik Mesin dan Biosistem membuat mesin bantu tanam yang bersifat fleksibel, ergonomis dan ramah lingkungan.
Awalnya pembuatan mesin ini bermula dari permasalahan yang dihadapi perusahaan kertas terkemuka di Indonesia.

Perusahaan tersebut membutuhkan mesin tanam yang mobile, ringan, dan cocok untuk kondisi hutan Indonesia untuk melakukan penanaman pohon bahan kertas.

Dengan nama Transplanter Sengon, mesin tanam tersebut fleksibel agar mudah dipindahkan dan dibawa pada kondisi hutan yang curam, bergelombang dan penuh hambatan. Mesin dapat dibawa oleh satu orang operator seperti halnya mesin potong rumput tipe gendong.

Selain mesin bersifat ergonomis agar nyaman untuk operator. Operator tidak cepat lelah dan bosan.Dan ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan emisi gas karbon.

“Mata bornya mudah dibongkar pasang dan bisa diganti-ganti disesuaikan dengan jenis bibit pohon yang akan ditanam,” kata Unang.

Ergonomis karena mesin ini cocok untuk ukuran tubuh orang Indonesia, dari pembuatan ketinggian dan lebar jarak alat kendali dibuat berdasarkan literatur antopometri yang disesuaikan daengan rata-rata orang Indonesia.

Penggunaan motor listrk DC memberikan efek yang positif dalam sisi ergonomika, yaitu dalam hal pengaruh kebisingan dan getaran yang dihasilkan oleh alat tersebut. Kebisingan dangetaran yang dihasilkan mesin sangat kecil sehingga tidak berpengaruh untuk kesehatan tubuh untuk menggunakan selama jam kerja.

Ramah lingkungan karena mesin ini tidak mengeluarkan emisi gas karbon atau gas rumah kaca lainnya sehingga cocok untuk penggunaannya di kawasan hutan.

“Mesin ini berpotensi untuk diajukan hak patennya. Selama ini belum ada yang mengembangkan mesin sejenis dengan motor listrik DC dan mata bor yang dirancang khusus oleh timnya,” papar Unang. (Yopi/b)

sumber poskota.co.id

Advertisements

About Rezki Handoyo

Informasi Berita Hiburan
This entry was posted in Teknologi and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s