Ban Dengan Pompa Angin Otomatis

Poskota.co.id-KEMAJUAN teknologi dalam industri otomitif terus meningkat. Tidak hanya pada mesin dan body kendaraannya saja, tetapi juga sarana pendukungnya, seperti ban. Dan Goodyear, berhasil mengembangkan teknologi untuk menambah tekanan angin ban secara otomatis, sehingga akan memperirit penggunaan bahan bakar minyak (BBM)

Teknologi yang dikembangkan pabrik ban asal Amerika Serikat itu disebut Air Maintenance Technology (AMT), yang akan menambah tekanan angin pada ban secara otomatis hingga tingkat standar yang dibutuhkan.

Teknologi AMT, seperti dilansir Autoevolution, layaknya ban versi konvensional, hanya saja Goodyear menambahkan sebuah pompa kecil yang ada di dalamnya. Kemudian pompa itu akan bekerja secara otomatis, jika tekanan angin ban berkurang.

Sistem kerja dari teknologi itu adalah ketika ada tekanan dari permukaan jalan yang dilalui mobil terhadap ban, maka secara otomatis akan memberikan rangsangan kepada pompa untuk bekerja. Sehingga tekanan angin pun akan bertambah secara perlahan layaknya dipompa hingga mencapai tingkat tekanan standar pada ban.

Goodyear juga menyebutkan, tekanan angin yang tepat akan menyumbang tingkat keiritan konsumsi BBM hingga tiga persen. Kendati sampai saat ini Goodyear belum berencana memproduksi secara massal, namun tentu bila teknologi ini sangat menguntungkan Goodyear akan memasarkannya ke seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.

About Rezki Handoyo

Informasi Berita Hiburan
This entry was posted in Teknologi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s